Diterbitkan pada 11 December 2023
Admin
EDUKASI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM PANDA MOBILE
Source: WWF-Indonesia/Karina Lestiarsi
Bagikan

Oleh Karina Lestiarsi

Panda mobile merupakan truk edukasi yang senantiasa mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mengemban misi edukasi pendidikan lingkungan untuk anak-anak sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas. Tujuan utamanya yakni membuka wawasan anak muda akan pentingnya konservasi untuk keberlangsungan hidup di masa mendatang.

Panmob, biasa orang sebut, memiliki jadwal yang cukup padat. Dalam waktu sebulan, panmob mampu mengunjungi lebih dari lima sekolah. Tim panmob sendiri hanya memiliki dua personil untuk menjalankan kegiatannya. Oleh karena itu, untuk menjangkau lebih banyak sekolah, WWF-Indonesia membuka kesempatan bagi anak muda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya untuk bergabung dan mendaftar menjadi relawan panda mobile.

Melihat jumlah pendaftar yang cukup tinggi di tahun 2022, maka dari itu di tahun 2023 WWF-Indonesia kembali membuka kembali pendaftaran relawan panda mobile untuk batch kedua di bulan Juni tahun 2023.

Dengan waktu rekrutmen yang cukup singkat, sebanyak 135 orang mendaftar menjadi relawan panmob. Dan setelah melalui tahap interview dan seleksi, ditetapkan sebanyak 32 orang lolos seleksi dan berhasil terpilih sebagai relawan panda mobile.

Tidak serta merta langsung mengunjungi sekolah, namun relawan panmob mendapatkan pembekalan materi dasar seperti public speaking, storytelling, games edukasi, observation activity, dan juga corporate activation. Materi-materi tersebut kemudian dipraktekan secara langsung ketika melakukan kunjungan ke sekolah.

Pengalaman Menjadi relawan Panda Mobile

Sudah satu tahun berlalu sejak Marisa terpilih menjadi salah satu relawan panda mobile batch 1 di tahun 2022. Marisa sudah mengunjungi sebanyak 30 sekolah di areaa Jakarta, Depok dan sekitarnya.

Ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi relawan WWF-Indonesia. Marisa mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang mendapatkan kesempatan menjadi relawan panda mobile selain menambah pertemanan juga menambah pengalaman. “Dengan menjadi relawan panda mobile, saya jadi bisa memperlancar public speaking saya, lalu belajar untuk untuk menyampaikan materi sesuai dengan umur audience dengan cara yang menarik.”

Pengalaman yang serupa dengan Reizha Nanda yang masih berstatus sebagai mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dan juga relawan panda mobile batch 2, menurutnya menjadi relawan panda mobile menjadi pengalaman yang luar biasa karena bisa memberikan edukasi lingkungan kepada adik-adik di TK bahkan sampai dengan murid SMA.

Reizha mengungkapkan, “Setiap ada kunjungan ke sekolah itu karakteristik muridnya berbeda, jadi kita harus bisa menyampaikan informasi dengan cara yang berbeda-beda. Lebih lanjut dirinya bercerita, “Kita itu harus selalu ceria dan fun setiap melakukan kunjungan, supaya adik-adiknya juga semangat”, ungkapnya.

Menutup akhir tahun 2023, WWF-Indonesia mengajak seluruh relawan panda mobile untuk melakukan evaluasi kegiatan sepanjang tahun ini serta berdiskusi guna merencanakan resolusi tahun depan. Evaluasi ini penting dilakukan untuk dapat meningkatkan kerja sama antar tim, kolaborasi dan juga komunikasi yang baik.

Selain sesi diskusi yang dilakukan di hari pertama, peserta juga mengikuti fun games di hari kedua. Kegiatan ini memfokuskan kepada aktivitas yang berguna untuk meningkatkan kerja sama, penguatan komunikasi yang baik dalam tim, pemecahan suatu masalah serta meningkatkan kekompakan.

Dwi Widya, selaku Youth Education Officer WWF-Indonesia mengungkapkan, “Kegiatan ini adalah aktivitas penutup akhir tahun 2023 dari WWF-Indonesia untuk relawan tim Panda Mobile. Kegiatannya dirancang dengan aktivitas yang menyenangkan supaya tim relawan semakin solid, kompak dan terus semangat untuk mengikuti agenda-agenda panda mobile di tahun berikutnya”, tuturnya.

Baca lengkap publikasi ini
Artikel Lainnya
Publikasi Lainnya