Diterbitkan pada 15 August 2023
Admin
1.500 PENGEMUDI BLUEBIRD SIAP MENJADI AGEN PERUBAHAN LINGKUNGAN
Source: -
Bagikan

Jakarta, 15 Agustus 2023 – Sampah plastik sudah menjadi bencana yang memengaruhi kualitas lingkungan di Indonesia. Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk mengurangi sampah plastik, PT Blue Bird Tbk bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia dalam program Plastic Smart Cities dengan melakukan inisiatif mengganti air mineral kemasan dengan penggunaan botol minum guna ulang kepada 1.500 pengemudi taksi Blue Bird di wilayah DKI Jakarta.  

Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengurangi sampah plastik ke lingkungan sebanyak 30% di DKI Jakarta. Kolaborasi ini sejalan dengan program pemerintah untuk mencapai target Indonesia Bersih Sampah 2025 melalui pengurangan sampah di hulu sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025.  

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai sebesar 33,1 juta ton dan 18.01% merupakan sampah plastik. Diperkirakan antara 4,8-12,7 Mt plastik terakumulasi di lautan setiap tahun (Jambeck et al., 2015), 80% di antaranya diyakini berasal dari sumber berbasis darat sedangkan 20% sisanya dari sumber berbasis laut, seperti perikanan dan industri perkapalan (Ocean Conservancy, 2017).  

Plastic Smart Cities merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh WWF dengan misi untuk mendorong kota-kota serta pusat-pusat kegiatan pesisir untuk mengurangi kebocoran sampah plastik ke alam hingga 30% pada tahun 2030 dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di seluruh dunia. Program Plastic Smart Cities di Indonesia telah berjalan sejak tahun 2021 dengan lokus di tiga area urban, yaitu DKI Jakarta, Kota Depok dan Kota Bogor.  

Irfan Bakhtiar, Direktur Climate & Market Transformation Yayasan WWF Indonesia menyatakan, “Kolaborasi antara PT Blue Bird Tbk dan WWF-Indonesia mengajak perusahaan untuk dapat berperan aktif dalam pengurangan sampah plastik di sumber melalui pelibatan pengemudi sebagai agent of change dan bentuk komitmen korporasi dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab. Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi perusahaan lainnya untuk melakukan perubahan dan mendorong sektor usaha lainnya berkontribusi dalam pengurangan dan penanganan sampah plastik.” 

Pada kesempatan yang sama, Mediko Azwar, Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk menyatakan, “Bluebird bangga dapat menjadi bagian dari sebuah gerakan positif untuk mendukung kehidupan yang lebih baik dari terciptanya kondisi lingkungan yang sehat. Hal ini sejalan dengan komitmen visi keberlanjutan perusahaan yang dilakukan secara menyeluruh. Melalui kolaborasi ini, Bluebird berharap dapat semakin meningkatkan kesadaran pengemudi dan karyawan secara bertahap untuk mengubah perilaku mereka, agar dapat menjadi pribadi yang mendorong perbaikan kualitas lingkungan, terlebih mereka juga dapat menjadi agen perubahan karena mereka akan melayani banyak pelanggan setiap harinya.” 

Bluebird telah secara aktif melakukan kemitraan dengan berbagai pihak termasuk WWF-Indonesia guna mendukung inisiatif 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Melalui berbagai kemitraan yang dilakukan, Bluebird telah berhasil mendukung lebih dari 8.000 pengemudi dan karyawan untuk lebih bertanggung jawab dalam menggunakan kemasan plastik sekali pakai sehingga berpotensi mengurangi lebih dari 120ton botol plastik setiap tahunnya melalui pengelolaan dan substitusi.

Program kolaborasi ini merupakan wujud nyata kedua belah pihak dalam mempromosikan gaya hidup yang bertanggung jawab dan berkelanjutan demi mencegah sampah plastik yang tidak terkelola di Indonesia.  

-Selesai- 

 

 

 

Tentang PT Blue Bird Tbk 

PT Blue Bird Tbk. (“BIRD”) adalah perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang memiliki 19 anak perusahaan dan tersebar di 18 lokasi di Indonesia (Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta). 

Bluebird berkomitmen untuk memberikan pelayanan transportasi darat yang aman, andal dan nyaman dengan kemudahan akses bagi para pelanggan. Jaringan distribusi perusahaan yang ekstensif mencakup lebih dari 600 titik eksklusif di hotel, mal, pusat perbelanjaan, serta berbagai saluran reservasi secara daring. Perluasan aksesibilitas kian diperkuat dengan kehadiran aplikasi pemesanan MyBluebird yang kini telah memiliki 20 fitur terbaru dan beragam metode transaksi untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan mobilitas. 

Integrasi bisnis Bluebird terdiri dari 7 pilar utama meliputi layanan taksi reguler (di bawah merek “Blue Bird” dan “Pusaka”); layanan taksi eksekutif (di bawah merek “Silver Bird”); layanan kendaraan limusin dan sewa mobil (di bawah merek “Golden Bird”); layanan sewa bus (di bawah merek “Big Bird”); layanan shuttle antar kota (di bawah merek “Cititrans”); dan layanan pelelangan mobil (di bawah merek “Caready”); serta layanan logistik (di bawah merek “Bluebird Kirim”) Bluebird telah terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia sejak 5 November 2014. 

Tentang Yayasan WWF Indonesia 

Yayasan WWF Indonesia adalah organisasi masyarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, dengan dukungan lebih dari 100.000 suporter. Misi Yayasan WWF Indonesia adalah untuk menghentikan penurunan kualitas lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, melalui pelestarian keanekaragaman hayati dunia, pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang berkelanjutan, serta dukungan pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. Untuk berita terbaru, kunjungi www.wwf.id dan ikuti kami di Twitter @WWF_id | Instagram @wwf_id | Facebook WWF-Indonesia | Youtube WWF-Indonesia 

Tentang Plastic Smart Cities 

Plastic Smart Cities adalah inisiatif WWF yang bekerja sama dengan kota-kota di seluruh dunia untuk mencegah sampah plastik masuk ke alam. Sejak tahun 2018, inisiatif ini mendukung kota-kota dan pusat-pusat pesisir yang mengambil tindakan berani untuk menghentikan polusi plastik. WWF bekerja dengan 25 kota percontohan untuk mencapai pengurangan kebocoran plastik sebesar 30% pada tahun 2025, melalui pengelolaan sampah yang lebih baik dan memajukan ekonomi sirkular. Bersama-sama, kami bertujuan untuk mencapai 1000 kota Plastic Smart Cities di seluruh dunia untuk bergabung dalam gerakan ini pada tahun 2030. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.plasticsmartcities.id. 

 

Media Contact: 

PT Blue Bird Tbk: 

Emeralda |Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk 

E: [email protected] 

P: (62) 812-8227-7271 

Rio Qashmal | Public Relations PT Blue Bird Tbk 

E: [email protected] 

P: (62) 877 – 8210 - 0137 

Karina Lestiarsi | Communication Officer WWF-Indonesia

[email protected]

+62 852 1816 1683

Baca lengkap publikasi ini
Artikel Lainnya
Publikasi Lainnya