Diterbitkan pada 05 July 2023
Admin
YAYASAN WWF INDONESIA DAN REKOSISTEM KERJA SAMA RESMIKAN WASTE STATION® DI RDTX PLACE
Source: -
Bagikan

Jakarta, 5 Juli 2023 – WWF-Indonesia berkolaborasi dengan Rekosistem meresmikan Waste Station®di RDTX Place, Jakarta Selatan. Tujuan dari Waste Station ini adalah dalam rangka mewujudkan pengurangan sampah plastik sebanyak 30% di Jakarta. 

Menurut data dari SIPSN Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai sebesar 21 juta ton (https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/). Diperkirakan antara 4,8-12,7 Mt plastik terakumulasi di lautan setiap tahun (Jambeck et al., 2015), 80% di antaranya diyakini berasal dari sumber berbasis darat sedangkan 20% sisanya dari sumber berbasis laut, seperti seperti perikanan dan industri perkapalan (Ocean Conservancy, 2017). 

Yayasan WWF Indonesia melalui program Plastic Smart Cities (PSC) berkomitmen mendukung upaya kolaboratif pengelolaan sampah di Provinsi Jakarta, khususnya yang menjangkau area perkantoran dan rumah tangga.

Plastic Smart Cities merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh WWF-Indonesia dengan misi untuk mendorong kota-kota serta pusat-pusat kegiatan pesisir untuk menghentikan terjadinya kebocoran sampah plastik ke alam pada tahun 2030 dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di seluruh dunia.

Irfan Bakhtiar, Director of Climate & Market Transformation, Yayasan WWF Indonesia menegaskan, “Kolaborasi antara WWF-Indonesia dan Rekosistem mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Kepedulian terhadap lingkungan dapat menjadi sebuah gaya hidup baru khususnya masyarakat perkotaan dengan menyetorkan sampah anorganik termasuk sampah plastik ke Waste Station di RDTX Place ini serta memulai pemilahan sampah dari rumah.”

Hal senada juga disampaikan Ernest Layman, Chief Executive Officer dan Co-founder Rekosistem, “Memulai kebiasaan sehari-hari seperti mengelola sampah secara konsisten dapat memberikan dampak yang signifikan di masa depan, dan sejalan dengan misi dari Rekosistem dalam menerapkan prinsip keberlanjutan. Waste Station® ini tidak hanya untuk mengumpulkan sampah yang diproses, tetapi memiliki tujuan utama menciptakan kebiasaan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk memilah dan menyetorkan sampah anorganik untuk menaikkan tingkat daur ulang demi menciptakan Indonesia yang bebas polusi sampah,”

Pemilihan RDTX Place sebagai lokasi Waste Station® dinilai sangat strategis karena berada di titik tengah Jakarta dan aksesnya mudah untuk dijangkau masyarakat dengan berbagai moda transportasi-baik transportasi publik maupun pribadi.

 

-Selesai-

 

Tentang Yayasan WWF Indonesia

Yayasan WWF Indonesia adalah organisasi masyarakat madani berbadan hukum Indonesia yang bergerak di bidang konservasi alam dan pembangunan berkelanjutan, dengan dukungan lebih dari 100.000 suporter. Misi Yayasan WWF Indonesia adalah untuk menghentikan penurunan kualitas lingkungan hidup dan membangun masa depan di mana manusia hidup selaras dengan alam, melalui pelestarian keanekaragaman hayati dunia, pemanfaatan sumber daya alam terbarukan yang berkelanjutan, serta dukungan pengurangan polusi dan konsumsi berlebihan. Untuk berita terbaru, kunjungi www.wwf.id dan ikuti kami di Twitter @WWF_id | Instagram @wwf_id | Facebook WWF-Indonesia | Youtube WWF-Indonesia

Tentang Plastic Smart Cities

Plastic Smart Cities adalah inisiatif WWF yang bekerja sama dengan kota-kota di seluruh dunia untuk mencegah sampah plastik masuk ke alam. Sejak tahun 2018, inisiatif ini mendukung kota-kota dan pusat-pusat pesisir yang mengambil tindakan berani untuk menghentikan polusi plastik. WWF bekerja dengan 25 kota percontohan untuk mencapai pengurangan kebocoran plastik sebesar 30% pada tahun 2025, melalui pengelolaan sampah yang lebih baik dan memajukan ekonomi sirkular. Bersama-sama, kami bertujuan untuk mencapai 1000 kota Plastic Smart Cities di seluruh dunia untuk bergabung dalam gerakan ini pada tahun 2030. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.plasticsmartcities.id.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Karina Lestiarsi

Communication Officer – Yayasan WWF Indonesia

[email protected] | +62 852-1816-1683

Baca lengkap publikasi ini
Artikel Lainnya
Publikasi Lainnya